Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Negeri Trenggalek

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Trenggalek

Jl. Dewi Sartika No. 1 Trenggalek Telepon/Fax: 0355 - 791105

email : pn_galek@yahoo.com

SIPPE-CourtSIWASE-TILANGEraterang


Logo Artikel

PENGAWASAN PENGADILAN TINGGI SURABAYA DI PENGADILAN NEGERI TRENGGALEK

Pengawasan Pengadilan Tinggi Surabaya di Pengadilan Negeri Trenggalek

       Tanggal 1 September 2016 Pengadilan Negeri Trenggalek, menerima kunjungan kerja Tim Pengawas dari Pengadilan Tinggi Surabaya yang dipimpin oleh Bapak Hakim Tinggi Sonhaji. SH., dengan Hakim Tinggi  Samsul Ali. SH. MH, dengan didampingi oleh 2 orang staff yaitu Sdr.  Idris Hamal Bama. SH, (Panitera Pengganti ) dan Sdr. Andi Wilsan. ST. (Sub Bagian Kepegawaian). Tim Pengawasan tiba di Pengadilan Negeri  Trenggalek Pukul 09.00 WIB dan disambut oleh Bapak Bambang Nurcahyono. SH. M.Hum., Ketua PN Trenggalek, Wakil Ketua PN,  para Hakim, Panitera, Sekretaris dan para Pejabat Struktural.

       Maksud dari kunjungan kerja tersebut untuk melaksanakan Pengawasan Rutin terhadap Pelaksanaan SOP Pengadilan pada Pengadilan Tingkat Pertama.

       Mengutip pernyataan dari Ketua Tim Pengawas Bapak Sonhaji. SH., bahwa pengawasan harus dimaknai sebagai suatu kegiatan untuk secara bersama-sama memperbaiki kinerja pengadilan baik itu dalam hal teknis peradilan, administrasi umum maupun pelayanan publik agar tidak melenceng dari Undang-undang dan sejalan dengan tujuan Mahkamah Agung untuk mencapai Badan Peradilan Yang Agung.

        Hal tersebut digarisbawahi juga oleh Bapak Bambang Nurcahyono, SH, M.Hum selaku Ketua Pengadilan Negeri Trenggalek, beliau mengungkapkan pengawasan ini, semua kekurangan, kendala maupun kesulitan-kesulitan yang dihadapi hendaknya disampaikan dan tidak ditutup-tutupi agar Tim Pengawas dapat memberikan masukan, solusi maupun petunjuk-petunjuk untuk pelaksanaan SOP Pengadilan di lapangan.

        Acara briefing bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Trenggalek yang di ikuti oleh seluruh Hakim, Karyawan, Karyawati dan Honorer Pengadilan Negeri Trenggalek di Pimpin Langsung Oleh Ketua Tim Pengawas dan di dampingi oleh Ketua Pengadilan Negeri Trenggalek.

        Briefing tersebut diisi dengan pemaparan hasil pengawasan pada masing – masing bagian. Setelah pemaparan hasil pengawasan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab disimpulkan bahwa pada prinsipnya pelaksanaan SOP di PN Trenggalek sudah baik dan hanya ada sedikit koreksi yg berkaitan dengan ketelitian pegawai yg bertugas di bagian register pidana anak untuk mencatat amar putusan secara lengkap dan juga di register banding perdata juga harus dicantumkan nama kuasa hukum dan nomor surat kuasanya. Selanjutnya setelah pemaparan selesai, kemudian Tim bersama KPN dan Para Hakim dan pejabat struktural melakukan sholat Dzuhur berjamaah Di Musolha Nurul ‘Adli Pengadilan Negeri Trenggalek.

Kunjungan PT 1

"Ketua Pengadilan Negeri Trenggalek Bapak Bambang Nurcahyono, SH., M.Hum menyambut kedatangan Tim Pengawas dari Pengadilan Tinggi Surabaya bersama Wakil Ketua PN,  para Hakim, Panitera, Sekretaris dan para Pejabat Struktural"

Kunjungan PT 2

"Ketua Pengadilan Negeri Trenggalek Bapak Bambang Nurcahyono, SH., M.Hum Menunjukan Progres Kemajuan Pengadilan Negeri Trenggalek yang akan berbenah demi terwujudnya Peradilan Yang Agung"

Kunjungan PT 3

"Hakim Tinggi Bapak  Samsul Ali. SH. MH, dan Sdr. Andi Wilsan. ST. Sedang memeriksa Register Kepegawaian Pada KepegOrTala dibantu oleh Sekretaris Pengadilan Negeri Trenggalek Bapak Chrisna NUrsetyawan, SH dan dicatat oleh Ibu Silviany S, S.H.,M.H. sebagai Hakim di Pengadilan Negeri Trenggalek"

Kunjungan PT 4

"Hakim Tinggi Bapak  Samsul Ali. SH. MH, Sedang memeriksa Register Surat Masuk dan Keluar Pada Bagian Umum dan Keuangan dibantu oleh Kasubbag Umum dan Keuangan Bapak Riawan, SH., MH"

Kunjungan PT 5

"Hakim Tinggi Bapak  Samsul Ali. SH. MH, Sedang memeriksa Register Pidana Biasa dibantu oleh Hakim Pengadilan Negeri Trenggalek Bapak Ari Siswanto, SH., MH"

Kunjungan PT 6

"Ketua Pengadilan Negeri Trenggalek Bapak Bambang Nurcahyono, SH., M.Hum Mendampingi acara briefing yang dipimpin oleh Bapak Hakim Tinggi Sonhaji. SH., dengan Hakim Tinggi  Samsul Ali. SH. MH,"

Kunjungan PT 7

"WKPN, para Hakim dan pegawai sangat serius saat mendengarkan penjelasan Tim Pengawasan di PN Trenggalek"


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Profesional, Ramah, Informatif, Melayani, Akuntabel